Mom Uung #PejuangASI

Rahasia ASI Lancar Hanya Dengan Pijat

1 min read

Rahasia ASI Lancar Hanya Dengan Pijat

Beneran nih moms, hanya dengan pijat bisa bikin ASI lancar? Yup, jawabannya benar moms. Yuk kita bahas.

Pijat untuk melancarkan ASI adalah dengan pijat oksitosin, sudah pernah kita bahas sebelumnya ya moms tentang apa itu oksitosin dan bagaimana fungsinya dalam memperbanyak ASI di artikel Cara Melancarkan ASI GRATIS Dengan Hormon Prolaktin dan Oksitosin.

Pijat Oksitosin merupakan pijat punggung yang bertujuan untuk memperlancar keluarnya ASI. Pijat ini dilakukan dengan menekankan bagian bagian tulang belakang yang bisa merangsang produksi hormon oksitosin pada tubuh.

Hormon ini adalah hormon bahagia yang bisa mempengaruhi produksi ASI selain hormon prolaktin.

Pemicu oksitosin yang paling besar adalah sentuhandan rasa nyaman. Inilah yang menjadi sebab kenapa pijat oksitosin dianggap sebagai salah satu cara melancarkan ASI secara alami.

Selain itu, pijat oksitosin juga menghentikan produksi hormon kortisol atau hormon penyebab stres, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Ingat ya moms, stress dan depresi bisa menghambat produksi ASI.

Banyak orang yang percaya pijat oksitosin yang dilakukan oleh suami akan berdampak lebih besar, karena istri akan merasa lebih nyaman, dicintai, didampingi, dab diperhatikan selama proses menyusui.

Cara Memperlancar ASI Dengan Pijat Oksitosin

Cara pijat oksitosin sangat mudah moms,

  • Pertana, mommy ambil posisi duduk menghadap tembok, meja, atau sandaran kursi. Pakai bantal untuk menopang bagian depan tubuh agar lebih nyaman.
  • Lalu mulai dari titik pijat di daerah leher dan tulang belakang. Pijat dengan ibu jari yang digerakkan secara melingkar hingga turun ke pangkal tulang belakang. Lakukan selama kurang lebih satu menit.
  • Lakukan pijatan di pangkal tulang belakang setara bahu hingga ke tulang belikat.
  • Pijat punggung dengan ibu jari dengan gerakan memutar sama seperti sebelumnya sepanjang poros tulang belakang dari atas hingga bawah, ulangi dari bawah hingga atas.
  • Gunakan kepalan tangan untuk memijat seluruh punggung dengan lembut. Lakukan hingga rileks dan kemudian usap bagian punggung dengan sentuhan lembut.

Lakukan pijat oksitosin selama 3 sampai 5 menit hingga rileks, jika mommy belum merasa rileks, perpanjang durasi pijatnya.

Itulah cara memperlancar ASI hanya dengan pijat. Sekarang mommy sudah percaya kan? Yang terpenting selama menyusui mommy harus menciptakan pola pemikiran yang positif, dan mommy harus merasa nyaman dan bahagia, karena kondisi psikologis sangat mempengaruhi produksi ASI.

Jika ada yang ditanyakan bisa langsung tanya di kolom komentar, instagam momuung.id atau melalui komentar di channel Youtube Mom Uung. Sampai jumpa di next artikel.


Referensi

  • Mamaschoice, diakses pada 28 Agustus 2020, 5 Langkah Pijat Oksitosin yang Bisa Bikin ASI Lebih Lancar!
Avatar
Mom Uung #PejuangASI

3 Replies to “Rahasia ASI Lancar Hanya Dengan Pijat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau dapet info promo & tips dari Momuung tiap hari?
Yuk follow dan