Cara Melancarkan ASI Secara Alami

Posted: 06 Feb 2022

ASI atau air susu ibu yang eksklusif sangat baik untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir hingga umurnya genap mencapai 6 bulan. Namun, sebagian dari para ibu terkadang merasa cemas bahwa anaknya tidak bisa mengonsumsi ASI tersebut karena suda tidak bisa lancar. Terutama bagi kamu yang baru saja memiliki anak pertama, adalah tantagan tersendiri yang harus dipecahkan jalan keluarnya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk melancarkan ASI harus menggunakan obat-obatan atau resep dari dokter. Tapi, tahukan kamu bahwa melancarkan ASI bisa dilakukan dengan cara alami? Cara alami ini bermanfaat untuk bisa melancarkan ASI dengan aman dan tanpa bantuan kimia apapun. Penasaran bagaimana cara melancarkan ASI secara alami? Simak pembahasan lebih lengkapnya di bawah ini.

  1. Faktor Penyebab ASI Tidak Lancar
    Sebelum membahas bagaimana cara melancarkan ASI secara alami, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan ASI menjadi tidak lancar. Karena sebelum mengatasi ASI yang tidak lancar, kamu harus tahu terlebih dahulu apa penyebab sehingga hal tersebut bisa terjadi. Berikut beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab mengapa ASI tidak lancar.

  2. Kondisi Saat Kelahiran
    Faktor pertama yang menyebabkan ASI tidak lancar adalah kondisi kesehatan pada ibu yang bisa mempengaruhi hormon serta membuat ASI tidak mau keluar saat setelah melahirkan. Adapun beberapa masalah kesehatan yang bisa saja terjadi yakni diabetes saat masa kehamilan, mengalami obesitas, akibat obat-obatan yang diminum, PCOS atau Polycytic Ovarium Syndrome, dan Gestational ovarian theca lutein cysts.

  3. Kondisi Saat Kelahiran
    Faktor kedua yakni dari faktor kelahiran seperti ibu yang menjadi sangat stress, adanya masalah pada plasenta, pemberian cairan infus saat masa persalinan, obat-obatan yang dikonsumsi selama melahirkan, hingga banyak darah yang harus dikeluarkan ketika melahirkan.

  4. Payudara Ibu yang Bermasalah
    Faktor dari payudara ibu yang mengalami masalah bisa juga menjadi penyebab mengapa ASI tidak lancar saat menyusui sang bayi. Adapun faktor payudara tersebut antara lain, kelahiran secara prematur, bentuk putting pada payudara ibu yang tidak seperti biasa pada umumnya, payudara yang belum berkembang sempurna sepenuhnya, hingga pernah mengalami operasi yang menyebabkan cedera di area payudara.

  5. Inisiasi Menyusui Dini
    Perlu diketahui bahwa memisahkan ibu dengan bayi yang baru dilahirkan alias tidak menerapkan IMD pada keduanya ternyata bisa mempengaruhi produksi ASI. Inilah yang menyebabkan mengapa ASI ibu lebih sulit keluar atau dengan kata lain tidak lancar untuk menyusui pada sang bayi setelah proses melahirkan.

    Memahami permasalahan utama mengapa ASI tidak lancar adalah faktor yang sangat penting. Setelah mengetahui penyebab mengapa ASI tidak keluar dengan lancar, kamu harus bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini.

Tips Melancarkan ASI Secara Alami untuk Ibu Menyusui

  1. Dengan Meningkatkan Frekuensi Saat Menyusui
    Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan frekuensi menyusui bayi. Walaupun kamu berpikir bahwa produksi ASI tidak keluar saat melahirkan, jangan cepat berputus asa dan teruslah berusaha untuk memberikan ASI pada bayi. Semakin sering kamu menyusui, maka semakin banyak pula produksi asi yang terdapat di dalam payudara.
    Proses meningkatkan frekuensi menyusui dikenal dengan sebutan let down reflex yang dapat membantu payudara terangsang dengan kontraksi pada otot sekitarnya. Dengan begitu, produksi asi akan semakin lancar dan bayi akan mendapat pasokan ASI lebih banyak. Cara ini bisa menjadi pelancar ASI terbaik yang bisa kamu lakukan secara manual.

  2. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan
    Cara kedua yang juga ampuh dilakukan sebagai pelancar ASI adalah dengan menciptakan suasana senyaman mungkin. Jika memungkinkan, hindari merasa cemas, depresi, bahkan stress selama masa menyusui. Harus kamu ketahui bahwa kondisi tersebut bisa berpengaruh terhadap hormon yang dapat melancarkan ASI dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, ASI akan berproduksi lebih banyak.

  3. Menyusui dari Kedua Payudara
    Pelancar ASI paling ampuh yang dapat dilakukan secara alami dengan menggunakan kedua sisi payudara secara bergantian. Pertama, biarkan sang bayi menyusu pada payudara sisi pertama hingga dia berhenti, kemudian pindahkan ke sisi payudara yang lain.
    Hal ini disebabkan karena terdapat rangsangan yang sama di kedua sisi payudara yang dapat digunakan untuk melancarkan produksi ASI. Cara ini juga merupakan pelancar ASI terbaik secara yang bisa kamu berikan untuk bayi tanpa menggunakan obat-obatan.

  4. Pastikan Kebutuhan Gizi Sudah Tercukupi dengan Baik
    Pelancar asi terbaik yang lain adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa memaksimalkan kebutuhan gizi. Karena pada kenyataannya, kebutuhan gizi yang tercukupi dengan baik akan memperlancar produksi ASI dan bisa menjadi pelancar asi paling ampuh. Adapun makanan bergizi yang bisa kamu konsumsi adalah sayuran hijau, buah-buahan, telur, ikan, daging, dan lain sebagainya yang juga bisa memperbanyak produksi ASI.

  5. Konsumsi Makanan yang Bisa Memperlancar Persediaan ASI
    Pada dasarnya, tubuh ibu menyusui membutuhkan energi yang cukup supaya dapat menghasilkan ASI untuk bayinya. Asupan makanan yang benar bisa menjadi pelancar ASI paling ampuh sehingga cocok untuk kamu lakukan. Adapun jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi seperti bawang putih, oatmeal, sayuran berdaun gelap, dan biji wijen. Semua itu adalah bahan yang bagus untuk pelancar ASI terbaik.

  6. Rutin Memijat Payudara
    Cara lain untuk memperlancar produksi ASI adalah dengan memijat payudara secara perlahan. Teknik memijat ASI ini bisa digunakan sebagai cara pelancar ASI paling ampuh yang bisa dilakukan secara alami. Adapun teknik memijat yang direkomendasikan adalah dilakukan dari arah luar ke baian dalam.

  7. Menggunakan Produk Pelancar ASI Mom Uung
    Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan pelancar ASI Mom Uung sebagai produk ASI Booster yang bisa kamu konsumsi. Produk ASI Booster sebagai pelancar ASI Mom Uung ini dapat digunakan untuk meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.
    Tak hanya itu saja, produk pelancar ASI Mom Uung juga bisa menjaga daya tahan tubuh pada ibu menyusui sehingga tidak akan mudah terpapar penyakit dan membuat kualitas ASI yang dikonsumsi bayi menurun selama masa menyusui. Kelebihan dari pelancar ASI Mom Uung ini adalah harganya yang terjangkau dan tersedia dari berbagai jenis ukuran jumlah kapsul. Sehingga bagi kamu yang sedang mencari tahu cara melancarkan ASI secara alami, bisa menggunakan produk ini karena sudah dipastikan aman.

Kesimpulan

Kesimpulan dari pembahasan diatas adalah bahwa kamu harus mengetahui pokok permasalahan utama mengapa ASI tidak bisa keluar dengan lancar. Karena berbeda permasalahan, berbeda pula cara mengatasinya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu apa yang menyebabkan ASI tidak mau lancar saat menyusui sang bayi. Setelah itu, kamu bisa mengatasinya dengan cara melancarkan ASI secara alami, salah satunya adalah dengan mengonsumsi pelancar ASI Mom Uung sebagai pelancar ASI paling ampuh.

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals