Yuk Kenali Warna BAB Bayi dan Penyebab nya

Posted: 17 Apr 2022

BAB bayi dapat berubah warna dan konsisten selama beberapa hari, minggu dan bulan di kehidupan pertamanya. Dan perubahan warna ini adalah hal yang normal terjadi. Warna BAB bayi sendiri dapat menggambarkan kesehatan si bayi. Lalu seperti apa warna yang normal pada BAB bayi? Yuk kita mengenal warna BAB bayi dan apa yang menyebabkannya berubah.

Hal-Hal yang dapat mempengaruhi warna BAB pada bayi ada banyak ya mommy seperti, usia, pola makan dan kesehatan bayi. Termasuk perbedaan saat mommy memberikan ASI atau memberikan susu formula juga dapat membuat warna BAB bayi berubah.

Berikut adalah perbedaan warna baby dan penyebabnya.

1. Hijau Kehitaman

BAB dengan warna ini sering disebut dengan mekonium. Feses ini dikeluarkan oleh bayi saat usianya dibawah 1 minggu. Terdiri dari sel, cairan ketuban, empedu dan lendir yang tertelan saat masih didalam perut mommy, membuat mekonium ini bersifat steril sehingga biasanya tidak mengeluarkan bau.

Setelah 1 minggu kehidupan, BAB bayi tidak lagi hitam, melainkan berubah ke kuning. Namun jika tetap berwarna hitam mommy bisa mencari bantuan pada dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada pencernaan bayi.

2. Kuning Mustard

Bayi dengan warna BAB kuning ini sangat normal bagi bayi yang disusui ASI oleh mommy. Terkadang terdapat bulir yang seperti flek pada teksturnya, hal ini tidak berbahaya karena berasal dari ASI.

3. Coklat / Orange

Bayi yang memiliki warna feses coklat / oranye ini normal bagi bayi yang disusui Sufor. Feses ini cenderung berwarna coklat muda atau oranye, bisa juga sedikit lebih gelap dengan tekstur yang kencang.

4. Hijau

BAB dengan warna hijau dapat disebabkan oleh pengaruh obat / alergi dan juga bisa karena makanan yang mommy konsumsi seperti sayuran hijau yang banyak mengandung zat klorofil.

5. Merah

BAB bayi yang berwarna merah ini mungkin jarang terjadi, namun mommy perlu memperhatikan jika BAB si kecil berwarna merah, karena ada kemungkinan ada masalah pada pencernaannya. BAB berwarna merah ini juga bisa terjadi jika bayi tertelan sedikit darah yang disebabkan dari puting mommy yang lecet atau crack.

Mommy bisa periksakan bayi pada dokter yah agar lebih mengantisipasi keadaan bayi.

6. Putih

BAB yang berwarna putih memang sangat jarang terjadi, warna putih ini dapat mengindikasikan masalah pada liver bayi seperti penyakit kuning contohnya.

Segera periksakan pada dokter agar mommy bisa mengetahui penyebab pastinya ya mommy.

Tips Untuk Mommy

Warna BAB bayi memang bisa berubah ubah yah mommy, sesuai dengan yang dikonsumsi, matangnya pencernaan bayi dan juga bakeri. Biasanya perubahan warna feses bayi yang baru lahir berkisar antara kuning / hijau / coklat / orange. Jadi tidak perlu khawatir berlebih yah moms, saat mommy melihat beberapa perubahan warna ini. Namun jika berubah menjadi warna merah / hitam / putih jangan ragu untuk membawa nya ke dokter.

Semoga informasi ini dapat membantu mommy yah. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mommy bisa tanyakan pada team konsul kami dengan klik live chat yang ada di bawah pojok kanan website ini. Kunjungi juga instagram dan tiktok momuung.id untuk mencari informasi tentang kesehatan dan tips seputar bayi.

Semangat MengASIhi Hingga 2 Tahun Mommy!

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/327218 https://www.medicalnewstoday.com/articles/322595#babies-and-infants https://www.parents.com/baby/diapers/dirty/baby-poop-guide/ https://www.healthline.com/health/parenting/baby-poop-color#poop-color-and-health

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals