Tips Aman Menyusui bagi Ibu yang Positif Covid-19

Posted: 16 Jul 2021

Ibu menyusui yang positif COVID-19 pada dasarnya boleh, bahkan dianjurkan tetap menyusui bayinya. Namun, pasti ada rasa cemas proses menyusui dapat menularkan virus ke buah hati.

Hanya saja caranya perlu disesuaikan untuk meminimalisir risiko penularan. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, busui perlu tahu tips aman menyusui bagi ibu yang positif COVID-19 dari Mom Uung

Menurut WHO & UNICEF , belum ada bukti penularan covid melalui ASI dari ibu menyusui ke bayinya. sehingga Ibu-ibu yang tengah memiliki bayi tapi terpapar Covid-19 masih bisa menyusui anaknya asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Penularan COVID-19 ini terjadi melalui droplet atau percikan dahak, dan bukan melalui Air Susu Ibu (ASI). ASI justru membentuk antibodi yang merupakan salah satu komponen penting untuk kekebalan tubuh bayi yang dapat melindungi bayi dari covid itu sendiri.

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Pusat, Nia Umar, menyatakan bahwa sebaiknya ibu dan bayi tidak perlu langsung dipisahkan ketika sang ibu positif Covid-19.

Dengan catatan, sang ibu menyusui tersebut tidak memiliki gejala yang berat dan bisa melakukan isolasi mandiri.

“Akan sangat lebih berisiko jika dititip kepada orang lain, apalagi misalnya yang dititipkan orang tua yang rentan risiko Covid-19. Boleh sama ibunya tapi ibunya harus selalu pakai masker dan jalankan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Nia, seperti dikutip Antara.

Dokter Umum Konsultan Laktasi dari Rumah Sakit Pondok Indah, dr Meutia Ayuputeri Kumaheri MRes IBCLC CIMI menegaskan, tidak ada alasan untuk menghentikan pemberian ASI di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Ibu menyusui wajib tau pentingnya manfaat ASI untuk bayi di masa pandemi;

  • ASI sebagai antibodi yang meningkatkan imunitas dan melindungi kesehatan bayi dari berbagai penyakit
  • ASI merupakan nutrisi utama untuk mendukung tumbuh kembang serta meningkatkan daya tahan tubuh anak guna melindunginya dari berbagai penyakit, termasuk COVID-19.
  • ASI merupakan sumber makanan terbaik bagi si kecil karena aman dan terjamin kualitasnya bahkan dalam kondisi pandemi
  • ibu menyusui covid

    Tips dari Mom Uung Aman Menyusui Bagi Ibu yang Positif Covid 19

    Protokol kesehatan yang wajib busui positif covid lakukan adalah :

    Untuk ibu menyusui positif covid tanpa gejala harus menjalani isolasi mandiri di rumah menyusui bayi secara langsung dengan prosedur pencegahan penularan covid 19.

  • Selalu mencuci tangan dengan sabun & air mengalir, serta bersihkan area puting dan kulit sekitar sebelum dan setelah kontak dengan bayi.
  • Rutin membersihkan benda benda di sekitar.
  • Memakai double masker medis dan kain.
  • Menjaga jarak fisik dengan orang lain.
  • Menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  • Untuk ibu menyusui positif covid dengan gejala pemberian ASI dilakukan dengan memerah ASI. 

    • Pastikan selalu kebersihan peralatan pompa yang di gunakan. gunakan cangkir/gelas kaca bersih untuk memberikan ASIP ke bayi.

    Rekomendasi yang perlu di lakukan ibu menyusui dalam menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi demi buah hati tercinta adalah sebagai berikut :

    1. Mengonsumsi makanan sehat.
    2. Beristirahat yang cukup.
    3. Rutin berolahraga.
    4. Serta minum obat dengan rutin agar bisa pulih dari covid 19.

    Jika ada yang ditanyakan bisa langsung tanya di kolom komentar, free konsultasi di website Mom Uung, instagram momuung.id atau melalui komentar di channel Youtube Mom Uung. Sampai jumpa di next artikel.

    Related Journals