Mom Uung #PejuangASI

Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Teh Hijau?

2 min read

Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Teh Hijau?

Masih menjadi perdepatan soal bolehkah ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi teh hijau? Seperti kita ketahui, ibu menyusui harus menjaga pola makan dan asupan nutrisi makanannya, agar kandungan gizi pada ASI bisa maksimal.

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Nah, yang jadi pertanyaan adalah aman gak sih mengkonsumsi teh hijau untuk ibu menyusui? Hmmm…

Kandungan teh hijau

Dikutip dari The AsianParents Indonesia menyebutkan, penelitian selama bertahun-tahun telajh membuktikan bahwa kandungan teh hijau mampu mencegah kanker dan baik untuk kesehatan jantung, serta mencegah obesitas.

Antioksidan atau Polifenol pada teh hijau bisa melawan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung katekin, vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein.

Loh, ada kafeinnya moms? Muncul pertanyaan lagi, bagaimana efek kafein untuk ibu menyusui dan si kecil. Oke, lanjut ya moms.

Efek kafein pada ibu menyusui dan si kecil

Penelitian pada bayi yang ibunya mengkonsumsi kafein dosis tinggi menunjukan adanya beberapa efek yang buruk.

Efek buruk yang umum terjadi diantaranya muncul rasa cemas, rewel tidak jelas, gangguan tidur, dan gangguan penyerapan zat besi pada anak.

Mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak pun memiliki efek buruk, yaitu dehidrasi, jantung berdebar berlebihan efek dari kafein yang tinggi, sakit perut, dan gangguan tidur.

Jika mommy mengalami beberapa ganguan tersebut, akan mempengaruhi produksi ASI lho moms.

Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Teh Hijau?

Batas dosis aman kafein pada teh hijau untuk ibu menyusui

Dari berbagai efek buruk teh hijau pada ibu hamil diatas bukan berarti mommy tidak boleh mengkonsumsi teh hijau ya moms. Mommy masih bisa mengkonsumsi teh hijau namun dalam dosis tertentu.

Batas maksimal kafein yang boleh dikonsumsi ibu menyusui adalah 300mg. Artinya mommy boleh minum teh hijau sebanyak 1 sampai 3 cangkir per hari.

Akan tetapi, dosis ini tergantung pada kecepatan metabolisme masing-masing orang moms. Jika mommy mengkonsumsi teh hijau sebanyak 3 cangkir, lalu si kecil menunjukan gejala seperti yang sudah dibahas di atas, sebaiknya kurangi lagi ya moms.

Tips aman minum teh hijau untuk ibu menyusui

Selain mengontrol dosis konsumsi diatas, ada beberapa tips aman yang bisa mommy cob, jika mommy ingin mengkonsumsi teh hijau.

Perhatikan waktu minum

Mommy sebaiknya minum teh hijau setelah menyusui, bukan sebelumnya ya moms. Tujuannya auntuk memastikan si kecil tidak ikut mengkonsumsi kafein dari teh hijau.

Umur bayi

Sebaiknya mommy mengkonsumsi kafein saat si kecil sudah berusia diatas 6 bulan.

Mencari minuman alternatif

Ada banyak jenis teh herbal yang tidak mengandung kafein lho. Mommy bisa memilih berbagai minuman alternatif teh hijau.

Namun, mommy harus perhatikan beberapa efek sampingnya, misalnya

  • Apakah ada kemungkinan mengganggu produksi ASI
  • Periksa label bahan bakunya
  • Apakah ada kemungkinan alergi

Beberapa teh herbal yang bisa dijadikan alternatif pengganti teh hijau adalah teh jahe, teh lemon, teh bungan linden, teh kulit jeruk, teh kayu manis orange, adas, fenugreek, rosechip, dan chamomile.

Perhatikan konsumsi kafein selain teh hijau

Kafein tidak hanya ada pada teh hijau, tetapi ada juga di kopi, cokelat, dan beberapa makanan ringan lainnya.

Sebaiknya mommy muai memperhatikan jenis makanan untuk dikonsumsi.

Konsultasi dengan dokter

Berkonsultasi dengan tenaga ahli adalah hal yang sebisa mungkin dilakukan. Pastikan sebelum mengkonsumsi makanan atau minuman mommy berkonsultasi dnegan dokter.

Jangan mengkonsumsi zat besi bersamaan dengan teh hijau

Kandungan yang ada di teh hijau bisa membuat tubuh sulit menyerap makanan atau sumplemen yang mengandung zat besi.

Sebaiknya beri jeda 1-2 jam antara konsumsi teh hijau dengan konsumsi zat besi agar penyerapan zat besi dalam tubuh tetap optimal.

Itulah beberapa tips aman mengkonsumsi teh hijau, dan beberapa informasi penting terkait amankah mengkonsumsi teh hijau untuk ibu menyusui.

Tidak ada salahnya mengkonsumsi teh hijau untuk ibu menyusui, namun tetap harus memperhatikan dosis dan wajib berkonsultasi dengan dokter ya moms.

Jika ada yang ditanyakan bisa langsung tanya di kolom komentar, instagam momuung.id atau melalui komentar di channel Youtube Mom Uung. Sampai jumpa di next artikel.


Referensi

TheAsianParent Indonesia, diakses pada 31 Agustus 2020, Amankah Ibu Menyusui Minum Teh Hijau dan Adakah Pengaruhnya untuk Bayi?

Avatar
Mom Uung #PejuangASI

One Reply to “Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Teh Hijau?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau dapet info promo & tips dari Momuung tiap hari?
Yuk follow dan