Mom Uung #PejuangASI

11 Manfaat Daun Kelor Untuk Anak dan Ibu Menyusui

2 min read

11 Manfaat Daun Kelor Untuk Anak dan Ibu Menyusui

Si kecil membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mommy bisa mendukung mengoptimalkan asupan nutrisi untuk si kecil dengan memberikan berbagai sayuran bernutrisi, salah satunya adalah daun kelor.

Kandungan nutrisi daun kelor

Daun kelor atau Moringan Oleifera merupakan salah satu daun yang kaya akan manfaat. Dikutip dari The AsianParents Indonesia, menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Vektor, dan Zoonotik Kementrian RI, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH, Dsc, daun ini jadi salah satu cara memnuhi kebutuhan gizi anak dengan cara mudah dan murah.

Kandungan kalium pada daun ini 3 kali lebih banyak dari pada pisang, vitamin A pun 4 kalinya wortel. Selain itu zat besi daun ini setara dengan 25 ikat bayam, dan vitamin C setara dengan 7 buah jeruk. Dalam satu cangkir kelor (21 gram) mengandung:

  • Protein 2 gr
  • Vitamin B6 19% dari AKG
  • Vitamin C 12% dari AKG
  • Besi 11% dari AKG
  • Riboflavin (B2) 11% dari RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten) 9% dari AKG
  • Magnesium 8% dari RDA

Manfaat kelor untuk anak

Meningkatkan energi

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di kelor, kelor bisa meningkatkan energi anak.

Anak membutuhkan banyak energi untuk bisa tumbuh secara optimal. Untuk itu mommy bisa mencoba memberikan kelor untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kelor juga dikenal dengan potensinya untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Meningkatkan metabolisme

Selama masa pertumbuhan, metabolisme anak mencapai puncaknya, Namun saat dia jatuh sakit, tingkat metabolismenya akan turun secara instan.

Disinilah peran kelor, kelor yang kaya akan mineral akan membuat metabolisme anak tetap terjaga. Ini juga bisa membuat anak mendapatkan berat badan dan tinggi yang ideal selama pertumbuhan.

Mengembangkan struktur sel

Kelor adalah salah satu sumber nabati yang mengandung asam amino. Komponen ini menjadikannya sumber makanan yang ideal untuk perkembangan sel anak.

Menjaga ginjal dan hati tetap sehat

Kelor memiliki potensi detoksifikasi yang besar, karena itu kelor baik untuk hati dan ginjal anak. Kelor menjadi detoksifikasi alamai terbaik.

Melawan infeksi

Kelor juga dikenal dengan sifat anti-inflamasinya. Jika si kecil mengalami batuk, pilek, atau infeksi ringan, mommy bisa memberikan kelor sebagai salah satu obat alternatifnya.

Meningkatkan kemampuan mata

Anak milenial tentu sangat akrab dengan gadget sejak dini. Untuk itu kelor bisa menjadi salah satu suplemen untuk meningkatkan kemampuan mata anak.

Sumber vitamin A yang ada pada kelor dapat membantu menjaga penglihatan tetap jernih.

Untuk menyembuhkan luka

Tak hanya untuk dimakan atau di minum, kelor juga bisa digunakan sebagai obat oleh untuk mengobati luka anak.

Baik untuk kulit

Kelor yang kaya akan vitamin A, C, dan E. bisa meningkatkan kesehatan kulit anak, serta membantu mengatasi masalah kulit seperti ruam dan iritasi.

Mengatasi perubahan suasana hati

Anak-anak memiliki suasansa hati yang mudah berubah-ubah. Salah satu fase dalam proses pertumbuhan ini bisa mempengaruhi kesehatan emosionalnya.

Memberi daun kelor pada anak bisa memastikan bahwa anak memiliki risiko perubahan suasana hati yang lebih rendah, dan lebih sedikit kecenderungan untuk mengalami depresi.

Memperbaiki masalah rambut

Daun kelor juga mengandung vitamin dan asam amino yang dibutuhkan untuk membentuk protein keratin. Protein keratin merupakan komponen penting untuk memastikan pertumbuhan rambut pada anak-anak.

Selain itu, kelor juga mengandung vitamin A yang membantu proses pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah ketombe.

Manfaat daun kelor untuk ibu menyusui

Tak hanya untuk anak, daun kelor juga sangat bermanfaat bagi ibu menyusui, berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk ibu menyusui.

Meningkatkan produksi ASI

Daun kelor sudah cukup lama dipercaya sebagai ASI booster alami. Ini dikarenakan daun kelor mengandung Galactagoge yang membantu meningkatkan ASI.

Memenuhi kebutuhan kalsium

Mommy yang sedang menyusui membutuhkan asupan kalsium yang tinggi, karena mommy memproduksi ASI untuk si kecil.

Si kecil pun membutuhkan cukup banyak kalsium untuk pertumbuhan yang optimal. Daun kelor bisa membantu mommy memenuhi kebutuhan kalsium yang tinggi ini.

Mengurangi rasa lelah

Seperti yang kita bahas pada poin sebelumnya, daun kelor memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Jumlah zat besi yang tinggi bisa membantu mommy mengatasi rasa lemas atau kelelahan.

Membantu pembekuan darah

Daun kelor kaya akan vitamin K yang sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat pembekuan darah setelah melahirkan.

Menbantu menjaga kesehatan rahim

Mengkonsumsi daun kelor juga bisa membantu mengatasi rasa nyeri persalinan, ini dikarenakan kelor memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dibutuhkan setelah persalinan.

Itulah beberapa manfaan daun kelor untuk anak dan ibu menyusui ya mom.

Jika ada yang ditanyakan bisa langsung tanya di kolom komentar, instagam momuung.id atau melalui komentar di channel Youtube Mom Uung. Sampai jumpa di next artikel.


Referensi

  • Parenting Healthy Babies, diakses pada 5 September 2020, 11 Health Benefits of Moringa for Kids
  • Kidsstoppress, diakses pada 5 September 2020, 10 Health Benefits Of Moringa For Kids (Recipe Includes)
  • HaiBunda, diakses pada 7 September 2020, 5 Manfaat Daun Kelor untuk Ibu Menyusui
  • The AsianParents Indonesia, diakses pada 7 September 2020, Cegah anak depresi, berikan 11 Manfaat daun kelor ini untuknya!
Avatar
Mom Uung #PejuangASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau dapet info promo & tips dari Momuung tiap hari?
Yuk follow dan