Cara Memilih Pompa ASI Elektrik yang Bagus

Posted: 25 Oct 2021

Hai calon Moms yang sudah mendekati HPL! Lagi galau memilih “senjata” menyusui alias Pompa ASI? Moms sedang membaca artikel yang tepat, lho. Di sini, Mom Uung akan membahas tips lengkap memilih pompa ASI yang modern, praktis dan berkualitas. Yuk baca sampai habis!

Pompa ASI menjadi solusi bagi Ibu menyusui yang ingin menjaga ketersediaan ASI untuk bayinya. Dalam memilih pompa ASI tentunya tidak bisa sembarangan ya Moms, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga manfaat dan kegunaan alat ini dapat dirasakan secara optimal.

Bila Moms  ingin menggunakan pompa ASI, dianjurkan untuk membelinya dalam keadaan baru, hindari membeli pompa ASI bekas. Hal ini untuk mencegah paparan bakteri dan virus, misalnya hepatitis dan HIV, yang bisa mengontaminasi pompa ASI.

pompa asi mom uung asi booster

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan saat membeli pompa ASI yaitu:

1. Jangka Waktu Penggunaan Pompa ASI

Pertimbangkan seberapa sering Moms akan menggunakan pompa ASI. Jika digunakan setiap hari, apalagi bagi Working Mom yang membutuhkan waktu cepat karena harus memompa ASI di tempat kerja, sebaiknya moms memilih pompa ASI elektrik dengan pompa ganda (double pump) agar ASI dapat dikeluarkan dari kedua payudara secara bersamaan sehingga lebih menghemat waktu. 

Moms juga bisa memilih pompa ASI elektrik dengan pompa tunggal (single pump) tetapi untuk penggunaannya akan lebih memakan waktu karena digunakan secara bergantian antara payudara kanan dan kiri tapi pompa ASI elektrik single pump ini lebih praktis karena tangan satunya bs sambil mengerjakan pekerjaan lain.

Namun apabila pompa ASI tidak sering digunakan, Moms bisa memilih pompa ASI manual karena jika menggunakan manual tangan cenderung cepat lelah sehingga efektivitasnya bisa berkurang.

2. Ukuran Corong Pompa ASI

Pastikan ukuran corong pompa sesuai dengan ukuran diameter puting payudara. Posisi puting payudara harus berada di tengah-tengah corong. Hal ini bertujuan agar puting tidak lecet karena bergesekan dengan corong.

3. Cara Penggunaan Pompa ASI

Moms bisa mempelajari cara penggunaan berbagai tipe dan merk pompa ASI dari internet untuk menentukan mana yang lebih mudah digunakan, dibongkar-pasang, serta dibersihkan. Baiknya Moms tidak memilih pompa ASI yang berukuran besar karena akan sulit untuk dibawa kemana-mana dan tidak praktis.

4. Perhatikan Metode Pompa ASI

  • Single Pump yaitu memompa salah satu payudara secara bergantian. 
  • Double Pump yaitu memompa kedua payudara secara bersamaan. Metode ini lebih efektif dan efisien.

5. Efektivitas Hisapan Pompa ASI

Pilih pompa ASI yang memiliki daya hisap 45-55 kali sebanyak 0-250 mmHg karena normalnya bayi menghisap sebanyak itu dalam semenit. Pilih pula pompa ASI yang dapat diatur kekuatan hisapannya.

6. Tingkat Kenyamanan dan Kebisingan Pompa ASI

Pilih tipe pompa dan ukuran corong yang paling nyaman untuk Moms gunakan. Cobalah terlebih dahulu pompa ASI yang hendak Moms beli dengan cara menyewa tipe dan merk yang Moms ingikan. Pilih pompa ASI yang tidak menimbulkan kebisingan dan mengganggu sekitar bayi dan sekitar Moms.

Tipe pompa ASI elektrik yang portable bisa menjadi pilihan tepat terutama bagi Working Mom. Selain lebih modern pompa ASI elektrik portable ini praktis, mudah digunakan dan mudah dibawa kemana-mana, karena tanpa menggunakan kabel dan selang.

Pompa ASI Mom Uung adalah salah satu tipe pompa elektrik portable. Selain praktis, pompa ASI Mom Uung ini anti noise sehingga tidak bising saat digunakan.

7. Harga Pompa ASI

Beli pompa ASI dengan harga yang terjangkau sesuai dengan budget dan kebutuhan Moms. Pompa ASI elektrik cenderung memiliki harga yang lebih mahal daripada pompa ASI manual, mengingat fungsi dan spesifikasinya lebih unggul.

8. Cari Ulasan Mengenai Produk Pompa ASI

Bila Moms masih ragu membeli pompa ASI, Moms bisa cek review produk di marketplace atau bisa juga tanyakan kepada teman terdekat perihal pompa ASI mana yang lebih mudah dan nyaman digunakan. Walaupun tiap orang memiliki opini yang berbeda, namun opini mereka dapat dijadikan refrensi.

Nah, sudah tidak bingung lagi kan Moms dalam memilih pompa ASI yang tepat?

Jika ada yang ditanyakan bisa langsung tanya di kolom komentar, free konsultasi di live chat website Mom Uung, instagram momuung.id atau melalui komentar di channel Youtube Mom Uung. Sampai jumpa di next artikel.

Related Journals