Mom Bener Gak Sih, Pumping Bikin Put*ng Aku Lecet?

Posted: 23 Apr 2022

Bener gak nih mom?? Yuk kita tanya ke dr pritta.. Halo mommy, pada dasarnya penggunaan breast pump itu harus nyaman digunakan dan tidak menimbulkan trauma pada payudara mommy. Namun masih banyak nih mommy yang mengeluhkan, “Dok, puting ku sakit karena sering pumping”. Dan karena rasa sakit inilah yang membuat proses MengASIhi si kecil menjadi kurang nyaman.

Memerah ASI dengan pompa ini memerlukan penyesuaian agar nyaman saat digunakan. Banyak hal nih moms yang dapat menyebabkan kenapa saat mommy pumping ada rasa sakit yang timbul setelah nya. Seperti masalah umum dan sering terjadi pada mommy adalah penggunaan ukuran corong yang kurang tepat dan kurang nya mempelajari bagian-bagian pada pompa yang mommy gunakan.

Nah, lalu gimana dok untuk menghindari rasa sakit yang timbul ini?

Ada beberapa tips nih untuk mommy untuk mencegah adanya rasa sakit saat pumping

1. Gunakan Corong yang pas untuk PD mommy

Penggunaan corong yang terlalu besar sangat tidak efektif untuk digunakan dan corong yang terlalu kecil dapat membuat puting mommy bergesekan dengan sisi-sisi corong. Alih-alih ditarik ke corong bagian dalam sehingga menimbulkan rasa sakit pada payudara mommy. mom uung udah pernah bahas nih gimana sih cara memilih corong yang pas untuk mommy coba di cek yuk di instagram Mom Uung.

2. Gunakan daya hisap dan kecepatan yang pas untuk mommy

Memompa dengan daya hisap tinggi dan kecepatan tinggi tidak selalu berarti akan mendapatkan lebih banyak ASI. Mommy bisa menggunakan tekanan mulai dari yang terendah, kecepatan pompa juga perlu diatur agar menemukan pengaturan yang nyaman untuk mommy sehingga pengeluaran ASI menjadi lebih maksimal.

3. Jangan memompa dengan berlebihan

Mommy bisa memompa selama 15 menit pada setiap payudara. Jika ternyata ASI yang mommy perah masih keluar setelah 15 menit, mommy bisa menambah waktu nya (maksimal 20 menit yah moms). Karena jika lebih lama akan menimbulkan rasa sakit pada payudara mommy serta stimulasi berlebih dan suplai berlebih.

4. Hindari alat Pompa yang berbentuk seperti klakson sepeda

Pompa ini berukuran kecil, portable, dan dioperasikan menggunakan tangan / secara manual dengan ujungnya yang terdapat karet seperti bohlam yang menyediakan sumber hisap. Pompa ini dapat merusak beberapa jaringan yang ada di payudara karena daya hisapnya yang sulit untuk dikontrol.

5. Selalu Menjaga Kebersihan

Cuci tangan sebelum pumping dan pastikan alat pumping yang digunakan dalam keaadan bersih. Bakteri dan jamur dapat menyebabkan puting mommy sakit, pecah-pecah dan infeksi payudara.

Jadi mommy, penggunaan pompa ASI ini tidak bisa sembarang pakai yah mommy, agar tidak menimbulkan sakit. Menggunakan teknik perah yang benar dan aman tidak hanya menghindari rasa sakit pada payudara, tapi juga dapat membantu mommy mengeluarkan ASI dengan lebih efisien.

Semoga materi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi mommy semua yah. Semangat MengASIhi Hingga 2 Tahun Mommy!

Referensi :

https://www.verywellfamily.com/avoiding-trauma-from-breast-pumps-431928 https://www.childrensmn.org/educationmaterials/childrensmn/article/16075/breast-pumping-shouldnt-hurt-treatments-for-mothers-who-pump-breast-milk/

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals