Bahagia bisa bikin ASI LANCAR Loh Mommy!

Posted: 08 Jan 2022

Kok bisa bahagia ngaruh ke asi? bisa dong karena dalam tubuh mommy terdapat hormon kebahagiaan atau hormon oksitosin dan juga dibantu oleh hormon prolaktin. Kedua hormon ini bisa dibilang sebagai “Sahabat Pejuang ASI” yah mommy hehe, karna penting banget nih peran kedua hormon ini dalam proses menyusui mommy. Yuk simak penjelasan nya

Apa sih yang dimaksud dengan Hormon Oksitosin?

Hormon oksitosin sering disebut sebagai hormon kebahagiaan atau hormon Cinta. Karena hormon ini akan bekerja secara maksimal ketika mommy merasakan cinta dan kebahagiaan, hormon yang dipengaruhi oleh psikologis mommy ini mampu mengendalikan proses pengeluaran ASI mommy loh.

Hormon Oksitosin dapat dirangsang melalui hisapan bayi saat menyusu, lalu akan diteruskan menuju hipotalamus untuk memproduksi hormon oksitosin yang memacu otot-otot halus di sekeliling alveoli untuk berkontraksi dan mengeluarkan ASI. Proses inilah yang disebut LDR (Let Down Reflex) / Refleks pengaliran ASI.

Oksitosin bisa dihasilkan dengan cara :

  1. Peluk bayi sesering mungkin

  2. Lihat foto baby saat sedang tidak bersamanya

  3. Rilekskan tubuh untuk mengurangi stres

  4. Mandi dan minum Air hangat / kompres ke PD

  5. Skin-to-skin dengan bayi di dada mommy

  6. Pijat PD dengan lembut

  7. Buatlah suasana tenang & senyaman mungkin

Lalu apa itu Hormon Prolaktin Mommy? Fungsi nya apa?

Hormon prolaktin yang membuat sel-sel produksi ASI bekerja maksimal. Selama hamil, hormon ini tidak akan dihasilkan tubuh karena ditahan oleh hormon progesteron. Hormon Prolaktin diproduksi oleh kelenjar pituitari. Ketika bayi menyusu, rangsangan sensorik dari puting payudara akan dikirim ke otak. Kemudian direspons dengan mengeluarkan hormon prolaktin yang akan kembali menuju payudara melalui aliran darah, serta merangsang sel-sel lain untuk memproduksi ASI

Hormon ini lebih banyak diproduksi pada malam hari. Karenanya, menyusui di malam hari dapat membantu mommy menjaga persediaan ASI untuk bayi keesokan harinya.

Apa faktor penghambat kelancaran ASI dari 2 hormon ini?

Ada beberapa hal yang dapat menghambat hormon ajaib ini bekerja secara maksimal untuk kelancaran ASI mommy.

1. Stress

Stress dapat memperlambat pelepasan hormon oksitosin ke aliran darah, sehingga dapat mengganggu produksi ASI. Untuk mengurangi stress, mommy bisa afirmasi diri dengan hal-hal positif atau lakukan aktivitas yang dapat membuat mommy happy

2. Gaya hidup tidak sehat

  • Jarang olahraga
  • Pola makan tidak teratur
  • Kurangnya asupan nutrisi
  • Sering konsumsi alkohol
  • Sembarangan minum obat
  • Merokok
  • Sering konsumsi kafein

Perlu mommy ketahui, bahwa asupan yang dikonsumsi mommy mempengaruhi pada kualitas & kuantitas ASI. Oleh karena itu penting untuk menjaga pola hidup sehat & asupan yang dikonsumsi ya moms

Semoga materi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi mommy semua yah. Semangat MengASIhi Hingga 2 Tahun Mommy!

Related Journals