Apa Saja Yang Terjadi Pada Baby Pada 1 Minggu Awal Kelahirannya?

Posted: 05 Jul 2022

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan minggu pertama kehidupan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Apa aja sih yang terjadi pada 1 minggu pertama kehidupan si kecil? Yuk cari tahu disini moms!

Eits, sebelum itu mommy jangan lupa klik like & save dulu ya!

Pembengkakan di sekitar wajah & mata si kecil akan berkurang dalam beberapa hari. Bayi yang baru lahir akan tidur hampir sepanjang waktu, & bangun setiap beberapa jam untuk menyusu. Mommy perlu tahu kalau bayi baru lahir tidak bisa 'tidur sepanjang malam', bayi memiliki perut kecil, jadi harus sering bangun untuk menyusu ya moms.

Sebagian besar bayi baru lahir menyusu setiap 2-3 jam sekali & mereka dapat menyusu sekitar 8-12 kali/hari. Terkadang menyusui bisa berlangsung hingga 1 jam, terutama ketika bayi baru lahir.

Masalah-masalah yang sering terjadi pada minggu pertama kelahiran adalah:

- Penurunan Berat Badan (Weight loss)

Pada 5 hari awal kelahirannya, maka bayi akan mengalami penurunan berat badan. Hal ini terjadi karena mereka kehilangan cairan berlebih pada tubuhnya. Perlu diperhatikan nih moms, penurunan berat badan ini tidak boleh lebih dari 10% berat lahir mereka ya moms. Sebagian besar bayi baru lahir mendapatkan kembali berat lahir mereka setelah 1-2 minggu setelah hari kelahirannya.

- Mata Lengket (Sticky Eye)

Ini adalah hal yang umum bagi si kecil yang baru lahir ya moms. Biasanya si kecil mengalami mata lengket/mengeluarkan cairan selama beberapa minggu pertama kehidupannya. Penyebab paling umum adalah saluran air mata yang tersumbat. Masalah ini biasanya akan membaik dengan sendirinya ya moms, mommy bisa membantu si kecil dengan memberikan pijatan lembut saat membersihkan matanya.

- Ruam (Rashes)

Bayi dapat mengalami segala macam ruam pada awal kehidupannya, tenang moms, biasanya ruam ini tidak bahaya ya moms. Tetapi jika bayi mengalami ruam, sebaiknya tanyakan ke dokter/bidan. Ruam yang umum terjadi adalah cradle cap, ruam popok, ruam panas, eksim, milia & kulit kering.

Beberapa hal yang menjadi alasan newborn baby menangis:

  • Lapar
  • Popok yang basah/kotor
  • Suhu terlalu panas/dingin
  • Ingin mommy ada di dekatnya

Jika menangis, mommy bisa mencoba untuk menyusui, mengajaknya tidur siang, memeluknya/ mengajaknya mandi dengan air hangat.

Kapan harus mencari bantuan/menghubungi dokter?

  • Bayi tidak mau menyusu dalam sehari
  • Frekuensi BAK kurang dari 6x
  • Bayi terlihat lemas
  • Kulitnya menjadi kuning

Menangis adalah cara utama bayi baru lahir untuk memberitahu mommy apa yang mereka butuhkan. Dalam seminggu awal Penampilan bayi akan banyak berubah nih moms. Kenali setiap perubahannya & peka terhadap setiap tanda-tanda yang harus diperhatikan ketika awal kelahirannya ya moms.

Yuk share artikel ini moms untuk saling support para pejuang ASI hingga lulus mengASIhi selama 2 tahun.

Sumber:

https://raisingchildren.net.au/newborns/behaviour/understanding-behaviour/newborns-first-week

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals