10 Tanda Si Kecil Tidak Kenyang Minum Asi

Posted: 30 Jun 2022

Salah satu hal yang sering menjadi kekhawatiran new moms adalah apakah si kecil cukup mendapatkan ASI? Ketika si kecil merasa tidak kenyang, ada banyak kok tanda-tandanya moms, yuk kenali setiap tanda-tandanya!

Eits, jangan lupa klik save dulu & share juga nih ke mommy-mommy lainnya untuk saling support mengASIhi ya moms!

Apa saja sih tanda-tanda ketika si kecil tidak kenyang minum ASI?

1. Frekuensi BAK kurang dari 6x & berwarna keru

Salah satu tandanya adalah popok yang kering. Baby biasanya akan memberitahu mommy jika popok basah & kotor, namun jika si kecil tidak memberikan tanda ini dalam waktu yang lama, maka ini merupakan salah satu tanda ya moms.

2. Baby ngempeng

Saat si kecil mengisap, pipi baby terlihat bulat, tidak cekung ya moms. Ketika baby menyusu, mommy akan melihatnya dengan isapan cepat, panjang & berirama. Cara untuk mengetahui baby tidak kekurangan ASI adalah mommy mendengarkan baby menelan. Jika mommy tidak mendengarkan itu, maka itu tanda yang diberikan si kecil ya moms.

3. Masih rewel

Ketika si kecil kenyang dan puas usai menyusu, maka si kecil akan merasa rileks & mengantuk. Namun, jika si kecil justru terus rewel maka itu tanda bahwa si kecil masih sangat haus/lapar ya moms.

4. Payudara tetap keras

Jika si kecil menyusu dengan benar, maka payudara mommy akan terasa lebih lembek/lembut, hal ini adalah tanda bahwa si kecil sudah mengosongkannya. Namun, jika payudara mommy tetap kencang, ini adalah tanda perlekatannya tidak benar ya moms, sehingga si kecil tidak dapat menyusu dengan benar.

5. Kenaikan BB si kecil tidak sesuai dengan KBM

Beberapa bayi memang akan kehilangan berat badan setelah lahir. Namun, jika si kecil tidak kembali ke berat badan lahir dalam 2 minggu, maka mommy perlu konsultasikan ke dokter untuk memastikan apakah asupan ASI yang si kecil terima sudah cukup atau tidak.

Berikut ini adalah tanda jika si kecil sudah cukup mendapatkan ASI:

  • Berat badan si kecil terus bertambah di sepanjang 2 minggu pertama setelah kelahiran.
  • Kenaikan BB baby sesuai tabel KBM
  • Frekuensi BAK lebih dari 6x dan berwarna jernih
  • Si kecil melepaskan mulutnya dari payudara mommy, menutup mulut, membalikkan kepalanya dari payudara mommy, dan kondisi tangannya rileks.

Nah, jadi itu tanda-tanda yang dapat mommy pelajari ketika si kecil kekurangan maupun sudah mendapatkan cukup ASI ya moms.

Yuk share artikel ini moms untuk saling support para pejuang ASI hingga lulus mengASIhi selama 2 tahun.

Sumber:

https://id.theasianparent.com/tanda-bayi-tidak-kenyang-minum-asi

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals