Mom Uung #PejuangASI

Tips Memilih ASI Booster Untuk Ibu Menyusui

1 min read

ASI Booster menjadi pilihan mommy saat mommy merasa kesulitan memproduksi ASI. Yang jadi pertanyaan, apakah aman mengkonsumsi suplemen ASI Booster?

Dikutip dari HaiBunda.com, Stephanie Canale, MD, anggota The American Board of Family Medicine dan pendiri Lactation Lab perusahaan pengujian ASI, mengatakan bahwa saat pasiennya mengaku produksi ASI-nya kurang, langkah pertama yang dilakukan adalah mengevaluasi faktor-faktor sederhana, termasuk evaluasi kait alias latch on, pemeriksaan oral bayi, frekuensi menyusui atau memompa, serta ketelitian pengosongan payudara.

Saya selalu bertanya kepada pasien saya, apakah mereka minum cukup air. Mengkonsumsi cukup cairan lebih penting untuk pasokan susu daripada suplemen apa pun,” ungkapnya.

Namun jika semua cara tidak mempan, kita bisa mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen ASI Booster.

Macam-macam suplemen ASI

Secara umum, suplemen ASI dibagi menjadi dua macam, yaitu galaktagog atau alami, dan buatan.

Sumplemen alami disebut dengan fenugreek, yaitu daun-daunan, kacang-kacangan, pepaya muda, jantung pisang, daun katuk, dan berbagai tumbuhan herbal lainnya.

Sedangkan suplemen buatan biasanya berbentuk kapsul yang mengandung plasenta dan vitamin B12.

Sebelum menggunakan suplemen

Dikutip dari MotherAndBaby, Dokter Ameetha Drupadi memberikan beberapa tips sebelum mommy memakai suplemen ASI, yaitu sebagai berikut.

  1. Lihat faktor penyebab kurangnya ASI. Ada banyak faktor yang jadi penyebab kurangnya ASI, mulai dari pelekatan lidah yang kurang pas, kondisi ibu yang kurang sehat, hingga frekuensi menyusui yang kurang.
  2. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mommy memutuskan mengkonsumsi suplemen
  3. Jangan mengkonsumsi suplemen apapun 48 jam pertama si kecil lahir. Pada masa ini, mommy sedang mengalami laktogenesis atau proses terbentuknya ASI secara alami.
  4. Sering menyusui adalah ASI Booster terbaik untuk mommy, namun jika memang tidak ada jalan lain, mommy bisa memilih mengkonsumsi suplemen untuk merangsang produksi ASI.

Itulah beberapa tips memilih ASI Booster untuk ibu menyusui. Jika ada yang ditanyakan bisa langsung tanya di kolom komentar, instagam momuung.id atau melalui komentar di channel Youtube Mom Uung. Sampai jumpa di next artikel.


Referensi

  • MotherAndBaby, diakses pada 5 Oktober 2020, Tips Memilih Suplemen Penambah Produksi ASI
  • HaiBunda, diakses pada 5 Oktober 2020, Tips Aman Pilih ASI Booster untuk Ibu Menyusui
Avatar
Mom Uung #PejuangASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau dapet info promo & tips dari Momuung tiap hari?
Yuk follow dan