Ini Dia Faktor Penyebab Rasa ASI Berubah

Posted: 15 Sep 2022

Mommy tau nggak sih ternyata rasa ASI bisa berubah loh. Perubahan rasa pada ASI terjadi karena banyak faktor. Mulai dari faktor kebiasaan sehari-hari hingga adanya penyakit yang menyebabkan rasa ASI berubah.

Jika ada yang belum tau, secara umum ASI memiliki rasa mirip dengan susu almond yang dominan manis dengan tekstur yang creamy. Rasa manis yang ada di dalam ASI disebabkan oleh kandungan laktosa yang ada di dalamnya. Sedangkan tekstur creamy dihasilkan dari kandungan lemak yang terdapat dalam ASI. Namun rasa pada ASI juga dapat berubah menyesuaikan dengan konsumsi dan kondisi ibu menyusui.

Salah satu hal yang mempengaruhi rasa ASI adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh mommy. Ketika mommy mengonsumsi jenis makanan seperti buah dan sayuran, baby juga akan turut merasakan nya lewat ASI. Makanan yang dikonsumsi oleh mommy juga memiliki pengaruh ketika baby sudah mulai masa MPASI. Hal ini bisa terjadi karena baby terbiasa dengan makanan yang dirasakan saat menyusui.

Selain makanan terdapat 7 faktor lain yang dapat merubah rasa ASI loh momm, ini dia:

1. Hormon

Hormon memang tidak bisa ditebak ya moms, adanya perubahan hormon di dalam tubuh mommy seperti sedang menstruasi sangat berpengaruh pada rasa ASI. Tapi kondisi ASI yang dihasilkan saat hormon mengalami perubahan tetap aman untuk dikonsumsi baby ya moms.

2. Olahraga

Siapa bilang mommy menyusui tidak boleh melakukan olahraga? Kalimat tersebut sudah dapat dipastikan hoax ya moms, mommy menyusui justru sangat dianjurkan untuk berolahraga. Tetapi perlu diingat bahwa olahraga berlebihan juga tidak baik dan memiliki dampak pada rasa ASI yang diberikan untuk baby. Adanya penumpukan asam laktat dalam tubuh dan rasa asin dari keringat yang menempel di PD mommy juga bikin rasa ASI berubah. Nah untuk menghindari hal ini terjadi, mommy menyusui dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan komposisi ringan, dan pastikan membersihkan diri terlebih dahulu ya moms sebelum menyusui baby.

3. Rokok dan Alkohol

Mommy menyusui yang merokok dan mengonsumsi alkohol juga berdampak pada rasa ASI yang dihasilkan untuk baby loh. ASI dapat berubah rasa dan aroma seperti rokok/alkohol dan hal tersebut akan berpengaruh pada baby. Sebenarnya mommy dianjurkan tidak merokok dan mengonsumsi alkohol selama menyusui. Namun jika mendesak, mommy bisa menghindari 2 hal tersebut 2-3 jam sebelum menyusui & mandi terlebih dahulu setelah merokok agar tidak berdampak pada rasa dan aroma ASI yang akan diberikan pada baby.

4. Obat-obatan

Mommy yang mengonsumsi obat-obatan tertentu selama menyusui juga memiliki dampak ke rasa ASI. Ada beberapa obat-obatan yang dapat membuat ASI yang dikeluarkan mommy memiliki rasa pahit, seperti contoh nya obat antibiotik. Namun mommy tidak perlu khawatir, segera konsultasikan dengan dokter medis untuk mendapatkan alternatif penggantian jenis obat untuk menghindari berubahnya rasa ASI yang dikeluarkan mommy.

5. Infeksi Payudara

Infeksi payudara atau biasa dikenal dengan masitis juga bisa berdampak pada rasa ASI. Mommy yang mengalami masitis akan menghasilkan ASI yang terasa lebih asin dan tajam. Mastitis dapat diatasi dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai dengan anjuran dari dokter medis.

6. ASIP Beku

Menyimpan ASI dalam freezer juga memiliki dampak merubah rasa ASI. Hal ini diakibatkan ASI mengandung enzim pemecah lemak dalam susu bernama enzim lipase. Enzim ini berfungsi untuk memecah lemak dalam susu sehingga lebih mudah dicerna oleh baby. Ketika enzim bereaksi, maka terjadi perubahan rasa ASI menjadi tengik. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan mommy menyimpan dan mencairkan dengan langkah yang benar ya.

7. Penggunaan Skincare

Merawat kulit sangat penting bagi para mommy. Namun perlu diingat bahwa pengaplikasian produk secara langsung ke PD mommy juga akan berdampak pada rasa ASI yang akan diminum oleh baby. Sebaiknya hindari penggunaan produk skincare untuk PD secara langsung ketika akan menyusui ya mommy.

Faktor-faktor di atas juga dapat dihindari loh moms untuk mengatasi rasa ASI berubah, ini nih tips nya:

  1. Untuk sementara waktu hindari mengonsumsi makanan yang memilki aroma tajam, seperti bawang-bawang an.

  2. Cara meminimilasir kadar enzim lipase. Caranya adalah masukan ASI ke dalam panci dan panaskan sampai berada di suhu 70-80°C. Tidak perlu sampai mendidih,tunggu sampai muncul buih-buih di pinggir panci lalu matikan. Biarkan sampai suhu ASI sedikit dingin lalu segera simpan untuk menghentikan proses pencernaan lemak.

  3. Banyak lakukan kegiatan yang membuat mommy senang untuk menghindari stres dan menaikkan hormon oksitosin

Nah itu tadi moms faktor-faktor dan cara mengatasi adanya perubahan rasa pada ASI yang dikonsumsi baby. Jika mommy masih merasa kebingungan, yuk segera melakukan konsultasi ke tim Konsultasi Mom Uung <3

Source : https://www.alodokter.com/hal-hal-yang-memengaruhi-rasa-asi

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals