Apakah Bayiku Mulai Tumbuh Gigi Mommy? Kalo Nen Suka Di Gigitin Plus Rewel Nih Mom..

Posted: 12 Jan 2022

Tumbuh gigi merupakan proses alami yang dialami oleh bayi. Perkembangan gigi pada bayi sendiri, sebenarnya telah terjadi ketika bayi masih dalam kandungan loh mommy. Kurang lebih Ketika mommy memasuki usia kehamilan 5 minggu, kuncup pertama gigi sulung bayi muncul di rahang pertamanya. Dan saat lahir bayi memiliki 20 (10 di rahang atas dan 10 di rahang bawah) gigi sulung yang tersembunyi di dalam gusi.

Proses tumbuh gigi ini biasanya diawali dengan gusi kemerahan dan terkadang bengkak karena adanya bulging atau penebalan gusi. Sehingga wajar banget ya mom kalau bayi akan menjadi lebih rewel dari biasanya, terkadang bayi pun mengalami sulit makan / GTM.

Kapan perkembangan gigi bayi dimulai mommy?

Ada banyak variasi mengenai kapan gigi pertama bayi akan muncul. Umumnya perkembangan gigi bayi dimulai Ketika bayi memasuki usia 6-12 bulan. Namun, sekitar usia 3 bulan bayi akan memulai eksplorasi mulut mereka dan biasanya terjadi peningkatan air liur. Bayi juga akan sering memasukan tangannya ke mulut.

Berdasarkan buku American Academy of Pediatric Dentistry, gigi sulung pada bayi dimulai dari usia 6 bulan hingga lengkap di usia 3 tahun.

Berikut adalah gambaran dari tahapan pertumbuhan gigi anak secara detail :

  1. Gigi seri tengah (atas dan bawah) pada usia 6-20 bulan.
  2. Gigi seri samping (atas dan bawah) pada usia 10-16 bulan
  3. Gigi taring (atas dan bawah) pada usia 16-12 bulan
  4. Gigi geraham kecil yang berada di samping taring (atas dan bawah) pada usia 13-19 Bulan
  5. Gigi geraham belakang atau second molar (atas dan bawah) pada usia 23-31 bulan

Perlu mommy ingat, penjelasan di atas hanyalah sebuah gambaran, mommy tidak perlu khawatir Ketika pertumbuhan gigi bayi tidak sesuai dengan tahapan tersebut. Karena kondisi tubuh anak berbeda-beda, tahapan pertumbuhannya pun tidak dapat disamaratakan.

Metabolisme tubuh bayi berbeda-beda, tergantung asupan nutrisi yang didapat dan faktor genetik. Oleh karena itu penting bagi mommy untuk tetap memastikan asupan makanan, agar ASI yang dikonsumsi si kecil kaya akan zat gizi. Untuk menumbuhkan gigi sendiri, si kecil membutuhkan beberapa zat seperti kalsium, vitamin A,K,D,dan E.

Mengelola Proses Pertumbuhan Gigi Balita

Pertumbuhan gigi pada bayi membutuhkan sekitar 8 hari, termasuk 4 hari sebelum dan 3 hari sesudah gigi melewati gusi. Selama waktu ini, mungkin sulit untuk menjaga bayi agar tetap nyaman.

Mommy dan papa bisa merawatnya dengan melakukan beberapa tips berikut:

  1. Memijat lembut gusi dengan jari atau kain basah
  2. Memberikan mainan yang aman digigit oleh bayi (teether) pastikan sudah dicuci dan disterilkan dengan aman sebelumnya. Teether yang digunakan bisa dalam bentuk ring ataupun sikat gigi karet yang mudah digenggam dan harus dalam pengawasan mommy atau papa ya.
  3. Memberikan makanan yang dengan tekstur yang lebih kasar. Untuk snack time mommy bisa memberikan finger food sayuran atau buah dengan tekstur halus namun cukup padat. Misalnya wortel, brokoli, kembang kol, timun, papaya, dll

Semoga materi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi mommy semua yah. Semangat MengASIhi Hingga 2 Tahun Mommy!

Sumber : Halodoc, primayahospital.com

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals