Apa Saja Sih Peran Papa Asi Saat Mommy Menyusui Si Kecil? / Ini Nih Yang Bisa Dilakukan Papa Asi Untuk Support Mommy Menyusui !

Posted: 14 Jul 2022

Siapa bilang menyusui hanya wajib dilakukan mommy? Menyusui akan lebih mudah dilakukan jika mendapat dukungan & bantuan dari Papa ASI. Menyusui bisa dilakukan seperti kerja sebuah tim nih. Yuk cari tahu & belajar bareng sama papa ASI, moms!

Eits, sebelum itu mommy jangan lupa klik like & save dulu ya!

Pengetahuan, antusiasme, & dukungan papa ASI menjadi sangat penting saat mommy belajar cara menyusui. Jika mommy merasa kesulitan saat menyusui, tugas papi ASI juga untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri mommy & membantu mommy mengatasi tantangan menyusui. Hal seperti ini bisa membantu mommy untuk menyusui lebih lama lho!

Hal pertama yang harus diketahui tentang menyusui:

  • ASI adalah makanan bernutrisi utama untuk si kecil. Dengan menyusui, si kecil akan terlindungi dari infeksi & sakit. Yang paling penting, ASI didapatkan secara gratis!
  • Menyusui tidak selalu cepat. Untuk new moms menyusui bisa menghabiskan waktu selama 15-30 menit dalam setiap sesinya. Biasanya new born baby menyusu sebanyak 8-12 kali/hari.
  • Menyusui butuh waktu untuk belajar & tidak selalu mudah. Untuk mendapatkan pelekatan & posisi menyusui yang baik juga sangat penting.

Banyak permasalahan yang bisa dihadapi oleh mommy saat menyusui nih: ASI mommy kurang, ada juga mommy yang memiliki ASI berlimpah, payudara sakit/puting lecet, bahkan ada mommy yang sampai merasakan mastitis.

Meskipun sudah jelas bukan papa ASI yang menyusui si kecil, ada banyak cara lho untuk dapat membantu & memelihara ikatan di antara papa ASI, mommy, & si kecil:

  1. Papa ASI bisa menggendong bayi secara bergantian dengan mommy. Menjalin ikatan skin-to-skin dengan si kecil juga perlu dilakukan oleh papa ASI.
  2. Memandikan/memijat si kecil juga bisa menjadi waktu terbaik nih untuk menjalin ikatan dengan si kecil.
  3. Bantu menenangkan si kecil saat si kecil sedang rewel. Hal ini mungkin lebih mudah dilakukan oleh papa ASI karena aroma ASI pada mommy bisa membuat si kecil mencari payudaranya dibandingkan menenangkan diri.
  4. Membantu si kecil untuk sendawa & mengajaknya tidur siang setelah menyusu

Gimana nih cara papa ASI membantu mommy saat masa menyusui? Apa saja sih cara untuk mensupport mommy yang sedang menyusui? Banyak hal yang harus dihadapi new moms. Wajar mommy merasa cemas, lelah & tidak nyaman secara fisik. Ini nih cara yang dapat membantu para mommy:

  1. Cari cara praktis untuk mensupport mommy saat sedang menyusui. Tawarkan untuk membawakan mommy segelas air, berikan dia bantal lagi jika dia membutuhkannya.
  2. Membantu menggendong si kecil ke mommy untuk menyusu di malam hari & tidurkan kembali si kecil jika perlu. Hal ini sangat membantu mommy lho Pa, bahkan jika papa ASI hanya melakukannya beberapa kali di beberapa malam.
  3. Papa ASI harus lebih bersabar jika mommy tidak ingin berhubungan intim. Mommy mungkin sedang merasa lelah karena merawat si kecil.
  4. Menyusui dapat membuat mommy merasa lapar & haus, papa ASI bisa mendorong mommy untuk minum banyak air & pastikan ada cukup makanan sehat dirumah untuk mommy makan.
  5. Bantu mommy untuk melakukan pekerjaan rumah, cobalah untuk sesekali bisa berada di rumah sebanyak mungkin untuk membantu mommy memasak/mencuci.

Dengan mengetahui poin-poin diatas, mommy & papa ASI bisa membagi tugas untuk membentuk satu tim yang baik dalam masa mengASIhi ini. Sempatkan untuk mengapresiasi pekerjaan satu dengan yang lain & selalu hargai setiap pencapaian menyusui mommy ya pa.

Yuk share artikel ini moms untuk saling support para pejuang ASI hingga lulus mengASIhi selama 2 tahun.

Sumber:

https://raisingchildren.net.au/babies/breastfeeding-bottle-feeding-solids/about-breastfeeding/breastfeeding-partners-can-help

Mom Uung Author

Author:
Mom Uung

Related Journals