Mom Uung #PejuangASI

Kapan Waktu Yang Tepat Anak Minum Susu?

1 min read

Kapan Waktu Yang Tepat Anak Minum Susu

Bunda pasti pernah mengalami saat si kecil suka memilih-milih makanan atau minuman, ini yang bisa membuat bunda khawatir apakah nutrisi si kecil tercukupi atau tidak.

Salah satu mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan susu sebagai pelengkap nutrisinya.

Dikutip dari TheAsianparent Indonesia, The American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar balita mengkonsumsi 400-600 cc susu per harinya, atau setara 2-3 gelas.

Untuk waktu pemberian susu bervariasi, tergantung pada kebiasaan si kecil, dan tentu saja tergantung pada mood anak.

Lalu, kapan sih waktu yang tepat untuk anak minum susu?

Manfaat susu untuk anak

Sebelum beranjak ke pembahasan pokok, alangkah baiknya bunda mengetahui berbagai manfaat susu untuk anak.

Susu diperlukan oleh akan karena mengandung banyak nutrisi esensial bagi tubuh. Saat dikonsumsi secara rutin, susu akan memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk anak.

Salah satunya adalah untuk menunjang tumbuh kembang anak, karena susu mengandung kalori, protein, lemak sehat, dan berbagai vitamin dan mineral.

Susu juga dikenal memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi. Ini akan sangat menunjang pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Gak hanya itu saja, susu juga menyehatkan jantung lho, ini dikarenakan susu mengandung lemak baik Omega 3, dan juga mendukung kecerdasan si kecil.

Bunda mau si kecil mendapatkan nutrisi yang optimal dari susu? pastikan anak minum susu tepat waktu ya bund, agar pertumbuhannya semakin optimal.

Waktu yang tepat untuk anak minum susu

Kebanyakan anak terbiasa minum susu di pagi atau malam sebelum tidur, namun sebenarnya susu bisa dikonsumsi kapan saja sesuai kebutuhan.

Bunda bisa memberikan susu sebagai pelengkap sarapan di pagi hari. Biasanya saat pagi hari anak belum memiliki nafsu makan yang baik, sehingga hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Padahal anak membutuhkan gizi yang cukup untuk memulai harinya.

Kebiasaan lain adalah memberikan susu pada malam hari sebelum tidur. Ini juga bisa bunda lakukan agar tidur anak menjadi lebih nyenyak. Karena susu mengandung zat Triptophan yang bisa membantu anak tidur lebih nyenyak.

Dengan tidur yang nyenyak, anak akan bangun dengan kondisi segar di pagi harinya.

Kapanpun bunda bisa memberi susu pada anak, tapi yang perlu diingat adalah sebisa mungkin menghindari pemberian susu mendekati jam makan anak.

Pemberian susu sebelum makan akan membuat anak cepat kekenyangan sehingga anak tidak nafsu makan.

Di sarankan untuk memberikan susu dua jam sebelum atau setelah makan. Selain agar anak tidak cepat kekenyangan, juga agar kandungan kalsium susu bisa terserap dengan sempurna.

Itulah beberapa info yang mungkin bunda butuhkan soal kapan sih waktu yang pas untuk anak minum susu. Semoga membantu ya mom.

Avatar
Mom Uung #PejuangASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau dapet info promo & tips dari Momuung tiap hari?
Yuk follow dan